Mengecek Bad Sector pada Windows




Hai guys , kali ini kami akan memberitahu bagaimana caranya mengecek bad sector pada sistem operasi windows. tapi kita definisikan dulu apa itu BAD SECTOR. Bad Sector adalah keadaan dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data.

Penyebab Bad Sector.

 Beberapa penyebab Bad sector antara lain :

1. Melemahnya magnetik dari piringan harddisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karenanya ketidakmampuan untuk menyimpan data.

2. Akibat dari guncangan atau getaran, dimana saat mengoperasikan komputer, dan saat harddisk sedang melakukan proses baca dan tulis, bila terjadi goncangan atau getaran, dapat menyebabkan head akan menggesek piringan dari harddisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan, sehingga terjadi bad sector.

3. Daya listrik yang menurun secara tiba-tiba saat harddisk melakukan proses baca dan tulis, sehingga head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba, dimana head dapat menggesek piringan harddisk.

4. Akibat dari susunan file pada harddisk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi, yang lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari harddisk dan mengakibatkan bad sector pada harddisk



CARA MENGECEK BAD SECTOR !!!

1. buka start lalu ketik CMD dan klik kanan CMD " Run as administrator "




2. lalu ketik " chkdsk "




3. tunggu proses pengecekan

4. jika telah selesai , lihat keterangan bad sector. jika menunjukan 0 kb , maka tidak terjadi bad sector pada HD anda. jika menunjukan lebih dari 0 kb maka telah terjadi bad sector pada HD anda.





1 Response to Mengecek Bad Sector pada Windows